3 Bentuk Kenakalan pada Remaja Masa Kini


   
   Halo sob, kembali lagi bersama saya. Kali ini, saya akan membagikan artikel mengenai kenakalan remaja. Ya, di zaman yang serba maju, banyak orang yang menginginkan sesuatu dengan mudah dan instan, termasuk para pelajar yang masih remaja. Anak remaja masa kini memang cenderung malas karena kecanggihan teknologi yang ada. Rasa malas tersebut membuat mereka enggan untuk belajar maupun bersekolah, dan hanya mencari kesenangan semata. Sekolah yang sebenarnya berguna untuk mendewasakan siswa dan mendidik siswa supaya menjadi pribadi yang cerdas. Namun, para remaja hanya menganggap sekolah untuk bersenang-senang, terutama mereka yang kurang kasih sayang dari orang tua. Sikap tersebutlah yang dapat menjerumuskan remaja ke hal-hal negatif. Nah, perilaku tersebut dapat dikatakan "Kenakalan Remaja". Secara singkat dapat dikatakan bahwa kenakalan remaja yaitu  gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh suatu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang. Lalu, apa sajakah bentuk kenakalan remaja yang sering terjadi? Langsung saja simak di bawah ini


1. Merokok

     Di Indonesia sendiri merokok memang tidak diharamkan, tapi tetap saja ada aturan tak tertulis tentang hal ini. Misalnya saja hanya orang yang sudah dewasa saja yang boleh merokok namun kenyataannya masih banyak remaja  atau bahkan anak dibawah umur yang sudah merokok.

   Parahnya lagi ada sebuah slogan “Lo belum keren kalau belum merokok”. Kalimat itulah yang akhirnya menjerumuskan para remaja.  Awalnya memang hanya coba-coba merokok, tapi akhirnya jadi keterusan karena kandungan nikotin dalam barang tersebut yang membuat penggunanya jadi ketagihan.

   Alasan sebenarnya kenapa merokok itu tidak dianjurkan, karena terdapat banyak penyakit dalam sebatang rokok saja. Bayangkan berapa penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh untuk satu bungkus rokok. Karena itulah ada baiknya buat kamu yang belum pernah merokok, untuk tidak perlu mencicipi rokok SEDIKITPUN!. Dan yang sudah terlanjur merokok, cobalah dikurangi sedikit demi sedikit.


2. Berkelahi


   Remaja sekarang ini banyak yang memiliki tingkat emosional tinggi atau tempramental. Sifat tersebut bisa diakibatkan karena kurangnya sosialisasi dan kasih sayang orang tua. Sifat tempramen bisa berdampak buruk. Jika anak tersebut diganggu, bisa sangat marah dan menyebabkan perkelahian.

   Selain kepribadian anak itu sendiri yang mengakibatkan perkelahian, ada satu hal yang menyebabkan remaja gemar berkelahi, yaitu anggapan bahwa berkelahi itu terlihat keren dan dewasa. Anggapan tersebut membuat anak zaman sekarang lebih suka berkelahi ketika menyelesaikan masalah ketimbang berbicara bersama / berdamai. Padahal, berkelahi tidak menyelesaikan masalah, namun hanya akan memperpanjang masalah.

3. Perilaku Seks Bebas


    Seks bebas adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual baik dengan lawan jenis maupun sesama jenis, mulai dari tingkah laku yang dilakukannya seperti sentuhan, berciuman (kissing) berciuman belum sampai menempelkan alat kelamin yang biasanya dilakukan dengan memegang payudara atau melalui oral seks pada alat kelamin tetapi belum bersenggama (necking, dan bercumbuan sampai menempelkan alat kelamin yaitu dengan saling menggesek-gesekan alat kelamin dengan pasangan namun belum bersenggama (petting, dan yang sudah bersenggama (intercourse), yang dilakukan diluar hubungan pernikahan.

    Seks bebas berawal dari rasa suka antar lawan jenis hingga berpacaran. Namun, banyak remaja yang menyimpangkan arti berpacaran. Mereka yang sudah dihantui hawa nafsu melakukan tindakan tidak senonoh antar lawan jenis sebelum menikah. Hal tersebut dapat menyebabkan remaja wanita hamil diluar nikah lalu menggugurkan kandunganya. Tentu hal ini tidak benar dan sangat dilarang oleh semua pihak.

Untuk lebih memahami tentang kenakalan remaja, berikut saya sertakan film pendek tentang kenakalan remaja yang marak terjadi


Lalu, bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja yang meraja lela di kalangan remaja? Berikut beberapa tipsnya
Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun.
- Adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. 
  contohnya: kita boleh saja membiarkan dia melakukan apa saja yang masih sewajarnya,
  dan apabila menurut pengawasan kita dia telah melewati batas yang sewajarnya, kita
  sebagai orangtua perlu memberitahu dia dampak dan akibat yang harus ditanggungnya bila
  dia terus melakukan hal yang sudah melewati batas tersebut.
- Biarkanlah dia bergaul dengan teman yang sebaya, yang hanya beda umur 2 atau 3 tahun
  baik lebih tua darinya. Karena apabila kita membiarkan dia bergaul dengan teman main 
  yang sangat tidak sebaya dengannya, yang gaya hidupnya sudah pasti berbeda, maka dia
  pun bisa terbawa gaya hidup yang mungkin seharusnya belum perlu dia jalani.
- Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti tv, internet, radio,
  handphone, dll.
- Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah, karena disanalah tempat anak lebih banyak
  menghabiskan waktunya selain di rumah.
- Perlunya pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini, seperti beribadah dan
  mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya.
- Kita perlu mendukung hobi yang dia inginkan selama itu masih positif untuk dia. Jangan
  pernah kita mencegah hobinya maupun kesempatan dia mengembangkan bakat yang dia
  sukai selama bersifat Positif. Karena dengan melarangnya dapat menggangu kepribadian
  dan kepercayaan dirinya.
- Anda sebagai orang tua harus menjadi tempat curhat yang nyaman untuk anak anda,
  sehingga anda dapat membimbing dia ketika ia sedang menghadapi masalah



   Nah,,, semoga artikel diatas bermanfaat. untuk remaja yang sudah terjerumus dalam pergaulan anak muda jaman sekarang sebaiknya renungkanlah lagi apa yang telah kalian perbuat yang telah mengecewakan semua orang. Jadilah anak yang berbakti pada orang tua kalian, gapai mimpi, cita, dan harapan, karna masa depan kalian masih panjang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Root Semua Android dengan Mudah via Kingsroot

Cara Memperbaiki Android yang Bootloop