Cara Memperbaiki Android yang Bootloop

   Halo sob, kembali lagi di Android Opreker. Pernakah anda mengalami HP yang hanya stuck/mentok di boot doang? Kondisi tersebut dinamakan "bootloop", yakni kondisi dimana android tidak bisa booting/ masuk ke homescreen. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, di antaranya : terlalu banyak aplikasi, kegagalan ketika mengganti font, kegagalan rooting, kesalahan waktu menginstall Custom ROM, dll. Jika anda mengalami hal tersebut, tidak perlu panik, cukup baca cara dibawah ini.

   1. Mencopot, lalu memasang baterai.
  Cara ini adalah yang paling mudah, namun tidak semua android bisa diatasi dengan cara ini. Hanya beberapa penyebab yang dapat diatasi dengan cara ini.

   2. Melakukan Factory Reset
Jika cara diatas tidak bekerja, maka perlu dilakukan format. Cara ini berlaku jika HP anda bootloop karena kebanyakan aplikasi. Selain itu cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi lupa pola. Berikut langkah-langkahnya]
    - Cabut baterai, lalu pasang lagi
    - Tekan tombol power + volume down(untuk masuk ke recovery mode), bila tidak bisa, coba tekan power + volume up, atau power+ home +vol down( untuk Samsung)
    - Arahkan volume ke arah  tulisan "factory reset", lalu tekan dengan menekan power / home
    - Silahkan tunggu hingga menyala

   3. Menginstall ulang custom Rom
  Cara ini cukup rumit, dan hanya berlaku jika agan telah memasang custom recovery seperti CWM/TWRP. Untuk memudahkan, silahkan join ke grup facebookn sesuai tipe android agan masing-masing.

   4. Melakukan Flash Ulang
   Cara ini sangat beresiko, jika ada kesalahan dapat menyebabkan android MATOT/HARDBRICK, sampai yang terparah dapat merusak IC Flash ( salah satu hardware yang sangat penting, dan harganya cukup mahal).Namun tidak perlu khawatir, ikuti saja langkah-langkah di grup FB android agan, jika benar pasti berhasil.

Sekian tips dr saya, jika ada pertanyaan tanyakan di komentar. Terima Kasih!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Bentuk Kenakalan pada Remaja Masa Kini

Cara Root Semua Android dengan Mudah via Kingsroot